Tuesday, April 23, 2013

CARA ALAMI ATASI GANGGUAN GINJAL


BAGAIMANA CARA ATASI GANGGUAN GINJAL DENGAN ALAMI.........?

Ginjal merupakan saringan darah. Setiap menit 0,25 bagian dari darah tubuh kira-kira 1200 ml—masuk kedalam ginjal. Ginjal terdiri atas kira-kira 2 juta saringan yang sangat kecil, disebut Neofron. Neofron bertanggung jawab terhadap penyerahan zat nutrisi, pembersihan racun dan benda sampah lain dari darah.  
     Ginjal mengeluarkan hormon renin, eritoprotein, dan prostaglandin. Renin membantu mengontrol tekanan darah, sedang eritoprotein membantu merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel darah merah. Di ginjal prostaglandin dapat menyebabkan pelebaran dari vena, dan terlibat pembuatan air seni. Di jaringan-jaringan lain, menurut keadaan, prostaglandin dapat menyebabkan kontraksi atau pengenduran otot-otot polos. Juga terlibat dalam proses pengumpulan cairan yang abnormal dalam tubuh, menyebabkan beberapa jenis demam dan rasa sakit, dan juga terlibat dalam proses peradangan.
   
 Gangguan pada Ginjal
     Ginjal dapat saja mengalami beberapa gangguan, hal ini dapat disebabkan karena penyakit tertentu seperti diabetes mellitus, kanker, cedera, obat-obatan tertentu atau penyakit lain. Berbagai penyakit dapat merusak semua komponen yang membentuk ginjal yang meliputi pembuluh darah, saluran penyaring darah dan pembentuk air seni, saluran penampung air seni, jenis penyakitnya pun bervariasi, mencakup infeksi, batu, penyakit immunologi, racun, dan sebagainya. Berikut akan diuraikan mengenai gangguan ginjal yang sering ditemui yaitu batu ginjal, infeksi ginjal dan radang ginjal.
   
     Batu Ginjal
     Penyakit batu ginjal merupakan penyakit yang sering terjadi. Terbentuknya batu ginjal disebabkan oleh garam-garam yang ada dalam air seni yang mengendap menjadi batu dalam saluran kemih karena terjadi ketidakseimbangan antara factor-faktor yang menghambat pengendapan batu
dan factor sebaliknya. Salah satu penyebab pengendapan batu adalah terlalu pekatnya kadar garam tersebut dalam air seni. Tanda atau gejala tidak selalu ditemukan pada penderita batu saluran kemih. Bila batunya masih kecil, atau besar api tidak berpindah, tidak meregang atau menyumbat saluran kemih, tidak akan timbul gejala apa pun. Jika suatu saat batu itu bergeser barulah timbul gejala nyeri hebat didaerah pinggang. Ukuran dan bentuk batu bermacam-macam, berkisar dari partikel sangat kecil yang dapat lewat tanpa diketahui sampai batu yan berukuran 5 cm. Selama tidak bergerak, adanya batu tidak diketahui. Tetapi batu yang kecil sekalipun dapat menimbulkan rasa sakit yang hebat ketika berjalan keluar dari ginjal. Pendarahan dapat terlihat akibat luka pada dinding saluran kemih.
     Batu ginjal tak menimbulkan gejala. Nyeri hebat pada pinggang atas ginjal yang dapat menyebar ke perut bagian bawah. Nyeri berlangsung sekitar satu menit, reda sebentar, kemudian terasa nyeri lagi selama beberapa menit. Nyeri ketika mengeluarkan urine.
   
     Ramuan untuk Batu Ginjal :
- 30 gr daun keji beling segar
- 30 gr daun sendok segar direbus dengan 600cc air hangat hingga tersisa 300cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.

- 100-150 gr asparagus dikukus hingga matang, lalu diblender dengan air secukupnya ditambah madu secukupnya, lalu diminum.

- 60 akar alang-alang ditambah 30 gr daun kumis kucing segar direbus dengan 600cc air hingga tersisa 300cc airnya disaring ditambah madu secukupnya, lalu diminum.

- Ambil 7 helai daun alpukat segar, seduh dengan setengah gelas air panas. Minum 2x sehari pagi dan sore, hingga batu ginjal keluar.


     Infeksi Ginjal
     Infeksi ginjal berkaitan kuat dengan terjadinya infeksi saluran kemih. Masuknya kuman melalui saluran kencing bawah (uretra), merambat melalui dinding kandung kemih lalu ke ureter (saluran yang menghubungkan kandung kemih dan ginjal), dan tibalah ke ginjal. Salah satu penyebabkan kuman lebih mudah menyerang adalah jika terdapat sumbatan atau hambatan pada aliran seni dalam saluran kemih. Sebagaian besar infeksi saluran kemih termasuk ginjal disebabkan oleh kuman E. coli/Escherichia coli. Infeksi ginjal akut ditandai dengan gejala yang cukup jelas seperti, sakit kepala, lemah, mual, muntah, menggigil, demam, nyeri pinggan, sakit perut, sering kencing tapi tidak tuntas-tuntas, dan lain-lain.
      Ramuan untuk Infeksi Ginjal :
- 30gr daun kumis kucing segar direbus dengan 400cc air hingga airnya tersisa 200cc, airnya disaring lalu digunakan memblender 1-2 buah mengkudu/pace matang di tambah madu secukupnya, lalu diminum.

- 30gr sambiloto segar dan ditambah 60gr rambut jagung direbus dengan 500cc air hingga tersisa 200cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.

- 30gr krokot ditambah 30 meniran segar ditambah 30gr keji beling direbus dengan 600cc air hingga tersisa 300cc, airnya disaring, diminum untuk 2x minum, setiap kali minum 150cc.


     Radang Ginjal
     Radang ginjal merupakan peradangan dan kerusakan pada alat penyaring darah dan kapiler ginjal. Rusaknya penyaring tersebut, berakibat sel darah, zat putih telur yang seharusnya tidak keluar

No comments:

Post a Comment