Tuesday, April 23, 2013


Pacar Air Cegah Kanker dan Percantik Kuku

   
    Tanaman yang juga disebut Paruinai (minangkabau) atau pacar cai (sunda) ini sering digunakan dalam acara adat. Di beberapa daerah, seperti Sumatra Barat, calon mempelai wanita diharuskan melalui “malam bainai”. Sehari sebelum menikah, jemari serta kaki calon mempelai wanita ditempeli herba pacar air yang sudah ditumbuk atau dihaluskan. Pacar air menularkan warna kuning tua pada kulit, sehingga kaki dan tangan terlihat indah seperti diukir.
     Sebetulnya pacar air tidak hanya mempercantik jemari dan kaki, Herba pacar air mengandung zat-zat kimia yang dapat difungsikan sebagai obat luar dan dalam (diminum). Salah satu kegunaan pacar air yang menonjol adalah dapat mengobati radang kuku. Menempelkan herba pacar air pada kuku dapat menyehatkan kuku berikut jaringan dibawahnya.
     
      Khasiat Herba
     Pacar air menyimpan beragam khasiat. Bunga yang mengandung anthocyanin, cyaniding, dan malvidum dapat meluruhkan haid, mengobati hipertensi, bisul, rematik, sendi, gigitan ular berbisa, serta radang kulit.
     Biji pacar air dapat mempermudah persalinan dan mengobati kanker saluran

pencernaan bagian atas. Akarnya berfungsi sebagai obat antiinflamasi (anti radang), rematik, leher kaku dan sakit pinggang. Sedang daunnya berfungsi sebagai obat sakit keputihan, nyeri haid, radang usus buntu kronis, anti radang dan patah tulang.
     Meski khasiatnya cukup paten, pacar air menyisakan efek samping, terutama untuk ramuan yang diminum. Pemakaian yang terlalu lama membuat mulut kering, perut mual dan nafsu makan berkurang. Bila pengobatan dihentikan, dalam 3 hari efek samping dari herba pacar air akan hilang dengan sendirinya.
     
Aneka Ramuan Pacar Air,

Pencegah dan mengatasi kanker (Karsinoma)
-          Resep 1 : 15-60gr biji tanaman pacar air direbus dengan air secukupnya, lalu diminum air rebusan tadi 2x sehari.
-          Resep 2 : Ambil 15gr biji pacar air dan 30gr rumput mutiara(Hedyotis corymbosal). Rebus dengan 600cc air hingga tersisa 300cc. Saring lalu minum airnya. Lakukan 2x sehari, sambil tetap konsultasi dengan dokter.

Radang Kuku
-          Ambil seluruh bagian herba pacar air secukupnya, Haluskan lalu tempelkan pada kuku yang sakit, kemudian balut dengan kain kasa. Lakukan setiap hari selama 12 minggu.
Bisul (Furunculus), Radang Kulit (Dermatitis)
-          Resep 1 : Ambil 3-6gr bunga pacar air dan 5 lembar daun cocor bebek. Rebus dengan 500cc air hingga tersisa 200cc. saring dan minum airnya.
-          Resep 2 : Ambil 15 daun pacar air segar 5 lembar daun cocor bebek, haluskan. Lalu tempelkan pada tempat yang sakit.

Radang Usus Buntu Kronis (Cronic Appendicitis)
     Sediakan 30gr herba pacar air dan 30gr sambiloto. Rebus dengan 600cc air hingga tersisa 300cc. Saring lalu minum airnya. Lakukan secara rutin.

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
     Ambil 10gr bunga pacar air dan 100gr seledri kecil. Rebus dengan 400cc air sampai tersisa 200cc. Saring lalu minum airnya.

Keputihan (Pek Tay)
     Resep 1: Ambil 30gr daun pacar air segar. Rebus dengan air 600cc hingga tersisa 300cc, saring lalu minum airnya.
     Resep 2: 15gr daun sambiloto segar dan 30gr daun sambiloto kering, ditambah 30-60gr daun pacar air segar direbus dangan air secukupnya, lalu disaring dan minumlah air rebusannya.

Peluruh Haid
     3-10 biji tanaman pacar air segar, 30gr daun dewa segar, dan 3 ruas jari temulawak yang telah dipotong-potong direbus dengan air secukupnya, lalu disaring dan minum air rebusanya.

Mengatasi Nyeri Haid
     10gr daun tanaman pacar air segar dan 15 gr umbi rumbut teki direbus dengan air secukupnya. Minum air rebusannya, atau bias juga ditambahkan temulawak.

Mengatasi Pembengkakan
     3-6gr bunga tanaman pacar air dilumatkan, tambahkan arak putih secukupnya, lalu dioleskan pada tempat yang bengkak.

Mengatasi Sakit Pinggang, Leher Kaku, Punggung Kaku, Pegel Linu, Rematik
     15gr akar tanaman pacar air segar, 15gr akar sawi langit, dan 5 ruas jahe merah direbus dengan air secukupnya. Setelah itu minum air rebunsannya 2-3x sehari.

Mengatasi Rasa Nyeri pada Tenggorokan Akibat Tertusuk Tulang/Benda Asing (Jawa:Pancingen)
    Akar tanaman pacar air secukupnya dilumat, seduh dg air panas secukupnya, lalu diminum.

No comments:

Post a Comment