Tuesday, April 23, 2013

Cara dan jurus DIET yang ampuh


12 Jurus DIET Ampuh


1.    JANGAN LEWATKAN SARAPAN

Banyak orang yang melewatkan sarapan untuk menghindari asupan kalori. Padahal dari penelitian di peroleh hasil, wanita yang makan cereal atau buah dikala sarapan, bisa menurunkan berat badannya dari pada mereka yang mengkonsumsi makanan lain atau tidak makan sama sekali. Ingatlah, karena tidak sarapan, anda sering merasa sah-sah saja kalau kemudian makan lebih banyak disiang hari. “Ah, tadikan belum sarapan”, begitu kan kilah anda.
Sarapan tetap harus tetap dilakukan. Jangan takut dengan kalori yang masuk. Kalori itu akan terpakai dalam kegitan anda sepanjang siang. Yang penting santaplah hidanga rendah lemak dan mengandung serat tinggi.

2.    SERING-SERING MAKAN

Jangan kaget membaca saran ini. Sangat salah selama berdiet, anda tak mau makan sama sekali. Para ahli mengatakan, kalau anda membiarkan perut kosong selama 3 sampai 4 jam di siang atau sore hari, bisa dipastikan diet anda bakal gagal. Kemungkinan yang terjadi, anda akan makan berlebihan dimalam hari. Mungkin bukan nasi dengan seperangkat teman-temannya. Tetapi snack yang tampaknya berukuran ekstra mini, namun berkalori tinggi. Ingat juga, setelah 3 jam tidak diisi, otak kita sebetulnya sudah memrintahkan kita untuk mengisinya. Bila kita terus-menerus menekannya, suatu saat begitu berat sudah stabil, tak usah heran kalau kemudian kita makan kita makan secara berlebihan sebagai pelampiasan akibat tekanan tadi.
Yang selalu ditekankan oleh para ahli adalah, bila kita tidak makan selama berjam-jam, metabolisme kitapun berjalan lambat. Akibatnya pembuangan tidak berjalan seharusnya, alias berat kita tak kunjung turun. Jadi, kunyahlah sesuatu beberapa jam sekali. Tetapi waspadalah dalam memilih makanannya. Waspadalah makanan rendah kalori yang tinggi serat.

3.    PILIH MAKANAN RENDAH LEMAK

Seperti telah dikemukakan diatas, orang yang berdiet tidak dilarang makan. Hanya pilihan makanan yang rendah lemak. Tak sedikit orang lo.., yang tidak mau makan nasi karena berpikir tak sulit menahan diri tidak makan nasi. Tetapi tak sanggup menolak sepotong kue. Akibatnya orang tadi memilih antinasi. Sebagai gantinya mereka makan muffin, misalnya.
Mari kita lihat isi muffin dengan beberapa oles selai. Rata-rata sepotong muffin mengandung 13 gram lemak dan 450 kalori! Bukan main kan? Bentuknya memang kecil, tetapi kandungannya bikin tubuh kita kian melar. Padahal sepiring nasi dengan sup sayuran, kalori dan kandungan lemaknya jauh lebih dibawah itu. Tetapi kalau toh anda tetap tak ingin makan nasi, mengapa tidak memilih sepotong wafel yang dibuat dari tepung whole wheat. Anda bisa menyantapnya dengan sedikit sirup bebas gula. Kandungan kalorinya hanya 170 kalori dan lemaknya hanya 2,5 gram.

4.    SEIMBANGKAN KALORI YANG MASUK DAN KELUAR

Jangan kecil hati kalau anda terlanjur tidak bisa menahan diri terhadap  semangkuk mie bakso atau dua buah burger yang aromanya menyengat. Percayalah, diet adalah sebuah proses. Sangat manusiawi kalau sekali-kali kita tak mampu menahan diri. Perasaan tertekan berkepanjangan Cuma karena mie bakso, bakal membuat anda makan lebih banyak lagi. Jalan keluarnya Cuma satu, segera seimbangkan kalori yang masuk dengan yang keluar. Ayo, gunakan sepatu anda dan pergilah berjalan kaki tanpa henti selama 1 jam. Lemak dalam tubuh anda akan segera terbakar, jalan kaki kurang dari 1 jam dinilai tak cukup karena Cuma membakar karbohidrat.


5.    BERHENTI MEMERANGI LEMAK

Lemak tinggi memang harus kita hindari, tetapi tidak berarti anda harus memusuhi lemak sama sekali. Percayalah, orang berdiet boleh makan lemak. Tetapi pilihan lemak yang baik. Misalnya, gunakan minyak zaitun atau minyak canola untuk menumis atau menggoreng. Lemak ikan pada salmon atau tuna bagus sekali. Jadi, tak perlu dihindari. Dari penelitian terakhir juga disebutkan bahwa avokad mengandung lemak baik. Karena itu anda boleh menyantapnya setiap hari.

6.    SAJIKAN HIDANGAN DALAM JUMLAH BANYAK

Besar kecilnya hidangan atau sedikit banyaknya makanan bukan satu-satunya pertimbangan kala kita memilih makanan yang boleh disantap sewaktu menjalankan diet. Jumlah kalori dan lemaklah yang paling harus dipikirkan. Sebaliknya jumlah hidangan yang banyak akan membuat kita merasa sudah makan banyak hingga menahan diri tak usah takut menyajikan seperangkat makanan di meja makan. Yang penting adalah isinya. Contoh paling baik adalah 2 sendok makan nasi, semangkuk besar sayuran, sepotong kecil ikan, dan semangkuk besar buah. Kelihatan penuh dan banyak, bukan? Tetapi kalau kita hitung nilai kalorinya sama sekali tidak seberapa.

7.    BIJAKLAH MEMILIH HIDANGAN PEMBUKA

Sungguh tepat pendapat yang mengatakan kunci utama yang dapat mengurangi asupan kalori orang berdiet adalah hidangan pembuka. Coba saja, menyantap hidangan yang agak asam sebelum kita makan menu utama, pastilah nafsu makan anda meningkat.
Nah, untuk mengurangi asupan kalori, santaplah makanan yang berkuah banyak. Tentu kuahnya harus jernih, bukan dibuat dari santan atau susu. Makanlah buah-buahan diawal hidangan. Air yang terkandung dalam kuah atau buah membuat perut kita dengan  serta-merta menjadi kenyang.
8.    SIMPAN KOL DALAM LEMARI PENDINGIN

Kol bukan cuma dapat melawan kanker,lo…kol banyak mengandung pectin yang dapat membakar lemak. Pectin ini juga membuat lemak tidak sempat ditimbun dalam tubuh. Yang penting lagi, kol mengandung kalori  kosong.

9.    SELEKSI PENGGUNAAN KEJU

Anda tentu saja boleh makan burger saat makan siang meski sedang berdiet. Pilih roti yang terbuat dari gandum berkulit. Sebagai isinya, bisa diselipkan sepotong ikan. Burger tanpa keju kurang sedap. Nah, para ahli menganjurkan anda untuk tidak melirik keju lembaran yang biasa digunakan dalam burger. Tetapi, kata mereka, gunakan blue cheese yang baunya menyengat hingga meski sedikit jumlah yang disantap anda sudah merasa puas.

10. MAKAN SESUATU SEBELUM TIDUR

Banyak ahli melarang kita makan setelah pukul 6 sore. Tetapi ahli lain bilang, larangan itu sangat tidak manusiawi. “Kalau anda makan malam pukul 18.00, dijamin anda bakal merasa lapar pada pukul 9 atau 10 makam. Nah, bagaimana jika anda masih harus melek sampai pukul 11 malam? Anda akan sangat kelaparan kan?
Ahli yang sama malah tidak mengizinkan kita berangkat tidur dengan perut kosong. Dua jam sebelum tidur, sarannya, santaplah sesuatu. Pilihan yang ditawarkannya adalah sebuah apel.

11.  CARI DUKUNGAN

Sungguh menyedihkan memang kalau kita harus berdiet sendirian sementara disekeliling kita malah melimpah makanan yang menggoda iman. Karena itu tak perlu malu mengakui bila anda tengah berdiet. Biarkan lingkungan anda mendukung anda. Mintalah orang-orang sekitra anda menyingkir saat anda menyantap hidangan tinggi kalori yang anda sukai. Tak salah juga kalau anda berdiet bersama anggota keluarga yang senasib atau teman kantor yang punya niat yang sama dengan anda. Kebersamaan itu akan membuat anda merasa ringan menjalankan hari-hari yang penuh perjuangan itu.

12. LAKUKAN UNTUK TERAKHIR KALINYA

Sebelum mulai berdiet, tanyalah pada diri anda, apakah diet seperti ini ingin anda jalankan seumur hidu? Bagus kalau anda menjawab, “TIDAK” dengan tegas. Artinya anda ingin diet ini betul-betul berhasil. Karena itu lakukan dengan maksimal. Tutup mata anda dan jangan biarkan melirik hidangan kalori tinggi yang menggiurkan. Satu lagi, saran ahli, sabarlah terhadap hasilnya. Diet yang berhasil membutuhkan waktu. Tetapi waktu ini akan sangat singkat kalau anda mampu bertahan. Sebaliknya anda perlu waktu lebih lama lagi kalau anda selalu bertoleransi terhadap makanan enak tinggi kalori

 

No comments:

Post a Comment